Adsense Menu

Friday, January 11, 2013


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
SISTEMATIKA TUMBUHAN CRYPTOGAMAE
Disusun guna memenuhi syarat untuk mengikuti responsi

 






Disusun oleh :

Kelompok 36
(Thallus)
Hevi Al Azizah Riani    (A420100166)
Nur Fitria Husnul. K      (A420100167)
Ahmad Sidiq                 (A420100168)
Novita Dwi Indriyani     (A420100170)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012

Thursday, January 10, 2013

Sirkulasi


LAPORAN
KOMPUTASI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Cara membuat Animasi

A.    Background
1.      Klik properties
2.      klik background
3.      ganti warna sesuai keinginan.

B.     Judul  (SISTEM SIRKULASI MANUSIA)
1.      Insert
2.      New symbol
3.      Name (judul)
4.      Movie clip
5.      Klik ok
6.      Layer 1 (judul),  tulis “SISTEM SIRKULASI MANUSIA”  lalu ganti  warna (biru)  dan  kemudian  insert frame
7.      Layer 2 (blok masking)         klik frame 1        oval tool         frame 50 insert keyframe,           pindahkan oval tool         frame 100 insert keyframe         Create motion tween diantara 1-50 dan 51-100.  Klik kanan  pada layer , pilih mask
8.      Copy layer 1
9.      Paste in place          ganti warna (kuning)
10.  Ketentuan urutan pada layer: blok masking, teks judul, copy judul
11.  Drag ke stage
12.  CTRL + enter

C.    Organ (Komponen Gambar)
1.      Klik file
2.      Klik import
3.      Import to stage
4.      Pilih gambar organ
5.      Open
6.      Klik selection tool
7.      Break apart
8.      Eraser tool, hapus tulisan yang menempel pada gambar
9.      Klik selection tool

D.    Aliran Darah1 dan Aliran Darah 2 ( motion guide)
1.      Buat lingkaran kecil dengan menggunakan oval tool
2.      Insert keyframe pada frame 200
3.      Dalam layer objek, lakukan klik kanan diantara frame 1 sampai 200, kemudian pilihlah create motion tween
4.      Klik frame ke 200, kemudian klik insert        time line        motion guide
5.      Kilk frame 1 pada motion guide, gambarlah lintasan yang akan dilalui oleh objek dengan pencil tool serta menonaktifkan objek drawing ( apabila sudah selesai, objek secara otomatis akan berpindah pada lintasan tersebut)
6.      Klik frame 200 pada layer “organ”
7.      Gerakkan objek dengan menggunakan selection tool, kemudian pindahkan objek ke ujung lintasn yang lain (dalam meletakkan objek ke ujung lintasan harus berada pada posisi center objek)
8.      Lihat hasilnya, CTRL+enter

E.     Keterangan
1.      Buat layer baru, ganti nama menjadi “keterangan”
2.      Klik frame dengan mengikuti organ berhentinya gerakan aliran darah yang ingin diberi keterangan, kemudian insert keyframe, buat garis penunjuk dengan line tool, lalu buat teks keterangan apa yang ditulis, misalkan “atrium kiri”. Begitu seterusnya.
3.      Lihat hasilnya CTRL+enter

F.     Mekanisme (Create motion tween)
1.      Tulis kata mekanisme dengan menggunakan text tool
2.      Insert keyfame pada frame 100
3.      Gerakkan ke arah kanan
4.      Create motion tween diantara frame 1-100
5.      Insert keyframe pada fame 200
6.      Gerakkan ke arah kiri
7.      Create motion tween diantara 101-200
8.      Lihat hasilnya, CTRL+enter

G.    Tahap Mekanisme (Frame by Frame)
1.      Menulis keterangan mekanisme aliran darah dengan menggunakan teks tool
2.      Klik frame 1, insert keyframe, ganti warna
3.      Klik frame 2, insert keyframe, ganti warna
4.      Klik frame 3, insert keyframe, ganti warna
5.      Klik frame 4, insert keyframe, ganti warna
6.      Klik frame 5, insert keyframe, ganti warna
7.      Begitu seterusnya
8.      Lihat hasilnya, CTRL+enter

H.    Tombol Interaktif (play)
1.      Klik insert
2.      New symbol
3.      Name (play)
4.      Pilih type botton
5.      Klik Ok
6.      Buat objek bentuk oval dengan menggunakan oval tool
7.      Klik text tool, tulis pada tengah-tengah objek
8.      Pada over, klik insert keyframe lalu ganti warnanya
9.      Pada down, klik insert keyframe lalu ubah ukurannya dengan menggunakan free transform tool
10.  Pada hit, insert keyframe.
11.  Kembali ke scene 1
12.  Menarik tombol play yang ada di library ke stage
13.  Lihat hasilnya dengan CTRL+enter.


I.       Tombol Interaktif (stop)
1.      Klik insert
2.      New symbol
3.      Name (stop)
4.      Pilih type botton
5.      Klik Ok
6.      Buat objek bentuk oval dengan menggunakan oval tool
7.      Klik text tool, tulis pada tengah-tengah objek
8.      Pada over, klik insert keyframe lalu ganti warnanya
9.      Pada down, klik insert keyframe lalu ubah ukurannya dengan menggunakan free transform tool
10.  Pada hit, insert keyframe.
11.  Kembali ke scene 1
12.  Menarik tombol play yang ada di library ke stage
13.  Lihat hasilnya dengan CTRL+enter.

J.      Tombol Interaktif (exit)
1.      Klik insert
2.      New symbol
3.      Name (exit)
4.      Pilih type botton
5.      Klik Ok
6.      Buat objek bentuk start 8 dengan menggunakan rectangle tool, pilih polystar tool, lihat pada properties, klik options,  pilih style star dengan number of sides 8, klik ok.
7.      Buat objek pada stage
8.      Klik text tool, tulis pada tengah-tengah objek
9.      Pada over, klik insert keyframe lalu ganti warnanya
10.  Pada down, klik insert keyframe lalu ubah ukurannya dengan menggunakan free transform tool
11.  Pada hit, insert keyframe.
12.  Kembali ke scene 1
13.  Menarik tombol play yang ada di library ke stage
14.  Lihat hasilnya dengan CTRL+enter.

K.    Perintah Menjalankan Objek (tombol interaktif)
1.      Perintah fullscreen dan stop:
a.       Klik pada frame 1 (bebas memilih layer)
b.      Klik action dan tuliskan perintah sebagai berikut:
fscommand('fullscreen', true);
stop();

2.      Perintah tombol play:
a.       Klik pada tombol interaktif play, kemudian klik action
b.      Tuliskan perintah sebagai berikut:
on (release) {play();

}
3.      Perintah tombol stop:
a.       Klik pada tombol interaktif stop, kemudian klik action
b.      Tuliskan perintah sebagai berikut:
on (release) {stop ();

}

4.      Perintah exit:
a.       Klik pada tombol interaktif exit, kemudian klik action
b.      Tuliskan perintah sebagai berikut:
c.       on (release) {fscommand (‘quit’, true);
      }


L.     Musik (Sound)
1.      Klik menu file
2.      Import to library
3.      Pilih file sound yang dikehendaki
4.      Klik Open
5.      Klik symbol yang terdapat pada library
6.      Drage ke stage
7.      Pada bagian properties atur sync: event dan loop.

M.   Publish
1.      Klik file
2.      Publish setting
3.      Centang flash (.fws)
4.      Centang windows projector (.exe)
5.      Klik Publish
6.      Klik ok


 

© Copyright by kadeudeuh | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World